Dear X

konten 1
konten 2
konten 3
GEOGRAFI (3) cita-cita (1) (1)

Sabtu, 20 Agustus 2011

GEOGRAPHIE: École et Université






GEOGRAFI: di Sekolah & di Universitas


Sebagai langkah persiapan dari sekolah ke universitas, timbul pertanyaan bagaimana bisa geografi di universitas (merupakan) terdiri dari mata pelajaran di sekolah dulu? Banyakkah samanya atau malah lebih sulit? Jawabannya: “Tidak, sebenarnya sungguh amat berbeda.”

Perbedaan jelas terlihat antara pengajaran (taught) di sekolah dan belajar (learning) di universitas. Di sekolah banyak masukan kritik pada pendidikan datang dari guru geografi, dan kamu hanya membaca 1 atau 2 buku geografi. Di universitas dosen bukan guru seperti di sekolah. Dosen lebih dari sekedar “pemandu” mata kuliah; menjelaskan rancangan mata kuliah tapi tidak memberikan seluruh detil yang kamu butuhkan. Secara terperinci (detilnya) malah harus datang dari apa yang kamu baca diluar kuliah masing-masing, dan ini bakal membantumu mempersiapkan esai-esai serta ujian-ujian. Ungkapan “reading for a degree” menjelaskan tepatnya yang sebaiknya kamu lakukan—membaca seluas-luasnya: tidak hanya 1 atau 2 buku geografi. Catatan dosen (meskipun sangat teliti) bukanlah pengganti bacaan-bacaan.

Perbedaan sekolah dan universitas jauh lebih dalam daripada sekedar perubahan seimbang antara mengajar (taught) dan membaca geografi secara aktif. Teks yang kamu baca di universitas jenisnya beda dari sekolah, bahkan lebih banyak. Teks sekolah kurang dogmatis (dalam hal mengatakan padamu jawaban benar dan apa berpikir dan bagaimana melihat masalah). Teks di tingkat universitas lebih memperdulikan argumen, pertentangan dan sudut pandang berbeda melihat geografi. Ini khusus berlaku saat membaca artikel dalam jurnal. Beberapa artikel seringkali mendahulukan gagasan-gagasan baru dan mengkritik pengarang lainnya. Beberapa buku sekolah secara politis amat netral, dan sengaja demikian; beberapa artikel secara jelas tidak demikian. Tugasmu tidaklah mengingat jawaban-jawaban benar ataupun fakta-fakta (meskipun pada akhirnya malah berguna), tapi agar dapat mengerti, mendeskripsikan dan mengevaluasi argumen serta kontroversi juga kesimpulan yang penulis tulis dari bukti dan teori mereka. Geografi di universitas mempersembahkan penulis-penulis berbeda pendangan, seperti sudut pandang bagaimana erosi sungai, bagaimana dan mengapa suatu kota berkembang, dan kapan peningkatan ekonomi karena tempat dan terkait dengan dampak.

Tiba saatnya nati kamu menghargai bahwa buku teks dan artikel adalah "kreasi" dari penulis dan bukan pernyataan mutlak dari kebenaran. Kamu akan menghargai textbook dan artikel yang “ciptaan” dari pengarang mereka dan tidak hanya kalimat absolut dari kebenaran. Geografi di universitas artinya bagaimana kamu belajar menangani (handle) dan berdebat, mengkontribusikan argumenmu dan menemukan pandanganmu sendiri dalam lingkup pertanyaan geografi—benar-benar BEBAS.


(NB: Il est au point 3 "avantages de l'enseignement supérieur» dans le thème de "Pourquoi je devrais aller-à l'Université Etudes et versez les Nations unies Diplôme en géographie?").  
Then, please click ctrl + F , and enter this key without excerpt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

merci beaucoup~ :) your opinion's so valuable for me



Powered by mp3skull.com