Dear X

konten 1
konten 2
konten 3
GEOGRAFI (3) cita-cita (1) (1)

Jumat, 15 Mei 2020

Sekilas EKONOMI ISLAM

Ekonomi Islam adalah cabang ilmu yg mempelajari metode untuk memahami dan memecahkan masalah ekonomi berdasarkan ajaran agama Islam. Perilaku rasional Islam menjadi dasar pembentukan suatu perekonomian Islam. Ada 3 hal pokok yang perlu dipahami sebagai tujuan hidup: Falah (keberuntungan jangka panjang dunia & akhirat); mashlahah (sebagai tujuan antara untuk mencapai Falah); permasalahan dalam mencapai Falah. Jika manusia menyadari pentingnya Falah, maka ia akan selalu berusaha mengelola sumberdaya yang ada untuk mencapai Falah. Namun, Falah hanya diperoleh jika ajaran Islam dilaksanakan secara kaffah. Ini kuncinya.

Nilai dasar ekonomi Islam adalah Adl, khilafah, dan Takaful. Ini juga kuncinya.
Kunci lainnya adalah perilaku antar manusia yang didasari "belum sempurna iman seseorang sebelum mencintai saudaranya melebihi cintanya pada diri sendiri." (Inti salah satu hadist).
Ini mempengaruhi perilaku ekonomi, yang mana nantinya termanifestasi dengan kegiatan-kegiatan ekonomi, dan menyebarkan nilai dasar ekonomi Islam ke penjuru dunia. Bisa jadi dasar peradaban Islam kuncinya adalah ekonomi Islam itu sendiri --yang dilahirkan melalui individu-individu muslim yg berpegang pada ajaran Islam secara kaffah.

Sumber dengan sedikit modifikasi: 2014. Ekonomi Islam/P3EI. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
*Buku ini ditulis oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kerjasama dengan Bank Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

merci beaucoup~ :) your opinion's so valuable for me



Powered by mp3skull.com